Rabu, 08 Oktober 2014

Cara Meningkatkan kesuburan pria secara alami

TEMPO.CO, Jakarta - Infertilitas bukan hanya masalah perempuan. Pada laki-laki pun, seperti dikutip dari laman situs Opstisperm.com, masalah kesuburan jadi isu. Faktanya, menurut Centers for Disease Control, 7,5 persen laki-laki di bawah umur 45 tahun mengunjungi klinik untuk mengecek kesuburan mereka.

Dari mereka yang datang ke klinik, 18 persen di antaranya teridentifikasi mengalami masalah kesuburan, seperti produksi sperma yang rendah. Pasangan yang ingin menjalani program kesuburan intrusif mungkin bisa mendapat manfaat dari pendekatan alami. Pertanyaannya, apakah pendekatan alami bisa meningkatkan jumlah sperma?

Bila Anda seorang perokok atau peminum alkohol berat, misalnya, jumlah sperma Anda umumnya lebih sedikit dibanding pria yang tak merokok. Atau jika Anda tinggal di lingkungan yang dikelilingi polusi, kondisi itu membuat produksi sperma Anda menurun. Dengan menghindari hal-hal yang mempengaruhi kesuburan, jumlah sperma diharapkan bisa meningkat.

Berikut cara yang bisa Anda coba untuk meningkatkan kualitas kesuburan:

1. Gunakan suplemen
Salah satu cara meningkatkan produksi dan kualitas sperma adalah dengan mengkonsumsi suplemen harian. Suplemen untuk sperma dibuat dari bahan-bahan alami seperti herbal, mineral, vitamin, yang punya faedah baik untuk sperma. Contohnya, kandungan L-Arganine dan L-Carnitine.

2. Kurangi berat badan
Lemak diketahui bisa meningkatkan suhu di dekat testis. Karenanya Anda yang kelebihan berat badan sangat disarankan untuk berdiet agar meningkatkan produksi sperma. Anda disarankan memperbanyak buah dan sayur, terutama yang dikenal baik untuk kesuburan. (baca juga: Makanan Pengganggu Kesuburan Anda)

3. Olahraga teratur
Olahraga punya dua manfaat bagi kesuburan. Pertama, bisa membantu mengurangi berat badan. Kedua, bisa mengurangi stres dan tingkat kecemasan: dua hal yang mempengaruhi kesuburan. Untuk meningkatkan kualitas sperma, Anda para pria disarankan latihan rutin 45 menit selama lima hari dalam sepekan.

4. Meditasi
Stres punya efek buruk pada tubuh karena bisa menyebabkan meningkatnya peluang seseorang untuk sakit dan bertambah berat badan. Stres yang terus-menerus juga mengurangi produksi sperma. Cara mudah untuk mengurangi stres adalah memperbanyak meditasi. Tak perlu lama, cukup 20 menit per hari. (baca juga: Terapi Sel Punca, Solusi Kesuburan Pria)

0 komentar:

Posting Komentar

 

DITA ARSWENDA Template by Ipietoon Cute Blog Design